Masalah Kesehatan

Masalah Kesehatan,- Beberapa penyakit bisa menyiksa. Berikut adalah 20 kondisi kesehatan yang menyebabkan rasa sakit yang sangat parah. Mereka tidak diberi peringkat dalam urutan tertentu.

Masalah Kesehatan

1. Herpes zoster

Herpes zoster adalah salah satu kondisi medis yang paling menyakitkan sehingga Anda tidak cukup beruntung untuk mengalaminya. Disebabkan oleh virus varicella-zoster, yang juga menyebabkan cacar air, itu ditandai dengan ruam atau tanaman lepuh di satu sisi tubuh Anda, seringkali di sekitar lingkar pinggang.

Rasa sakit ruam cenderung terbakar atau kesemutan dan seringkali hanya mempengaruhi satu sisi tubuh Anda. Bisa sangat buruk sehingga Anda mengalami tusukan rasa sakit yang menyiksa saat seseorang hanya menyikat luka ringan dengan kulit yang terkena atau angin sepoi-sepoi berembus di atasnya. 

Beberapa orang yang telah menderita herpes zoster dapat mengembangkan rasa sakit terus-menerus yang disebut neuralgia postherpetic.

2. Sakit kepala cluster

Bayangkan melahirkan tanpa obat penghilang rasa sakit sekali atau dua kali sehari hingga 10 minggu pada satu waktu dan Anda memiliki gagasan tentang kesedihan semata-mata sakit kepala cluster.

Sakit kepala cluster juga disebut ‘sakit kepala bunuh diri’ karena sangat menyakitkan sehingga mereka diketahui dapat mendorong orang untuk bunuh diri. Mereka cenderung datang dengan sangat tiba-tiba tanpa peringatan sehingga menimbulkan rasa sakit yang tajam dan menusuk di sekitar satu mata. Serangan bisa sesingkat 15 menit atau tiga jam terakhir atau lebih.

Mereka dianggap sebagai tipe sakit kepala yang paling menyakitkan, lebih parah daripada migren yang parah. Fakta nya, para ahli telah menyarankan bahwa sakit kepala cluster mungkin merupakan kondisi paling menyakitkan yang diketahui oleh ilmu kedokteran.

3. Bahu beku

Kondisi ini tidak hanya sangat menyakitkan, tapi juga bisa bertahan selama beberapa tahun kecuali jika dirawat dengan benar.

Di bahu yang membeku, sendi menjadi begitu ketat dan kaku sehingga hampir tidak mungkin melakukan gerakan sederhana seperti mengangkat lengan Anda. Aktivitas sehari-hari seperti melepas kaus, mengangkat ketel, mengenakan mantel, bahkan menyisir rambut Anda, menjadi cobaan berat.

Tidak jelas apa yang menyebabkan bahu membeku, tapi bisa terjadi setelah cedera bahu atau lengan dan lebih sering terjadi pada penderita diabetes.

Entah bahu bisa terpengaruh tapi biasanya yang tidak dominan – itu bahu kiri Anda jika Anda benar tangan atau bahu kanan jika Anda kidal.

Apoteker atau resep obat penghilang rasa sakit biasanya membantu, bersama dengan latihan bahu.

4. Tulang patah

Tulang yang patah atau retak dikenal sebagai fraktur. Contoh umum adalah pergelangan kaki patah , patah pinggul , patah lengan dan patah hidung.

Jika istirahat kecil, mungkin tidak merasakan sakit sama sekali, tapi umumnya sangat menyakitkan untuk mematahkan tulang, terutama saat Anda mencoba memindahkannya. Rasa sakit ini sering digambarkan sebagai perasaan seperti sakit dalam.

Tulang patah bisa sembuh sendiri, tapi mungkin perlu dijajarkan dan diposisikan agar tetap terpasang dengan baik. Sebagai aturan umum, semakin tua Anda dan semakin besar tulang yang rusak, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk menyembuhkan.

5. Compleks Regional Pain Syndrome (CRPS)

Dengan Complex Regional Pain Syndrome (CRPS), rasa sakit yang parah mengikuti luka pada tulang dan jaringan lunak. Hal itu bisa terjadi pada siapa saja pada usia berapapun, tapi paling sering terjadi pada wanita berusia 40 dan 50an.

Rasa terbakar CRPS terus-menerus dan intens, seringkali tidak sesuai dengan tingkat keparahan cedera aslinya. Biasanya mempengaruhi salah satu lengan, kaki, tangan atau kaki.

Seringkali rasa sakit menyebar ke seluruh lengan atau kaki, meskipun luka awal mungkin hanya sampai jari atau kaki. Terkadang, rasa sakitnya bahkan sampai ke ekstremitas yang berlawanan.

Rasa sakit CRPS bisa berlangsung bertahun-tahun, dan saat ini tidak ada obat seperti itu. Perawatan, seperti terapi fisik, terapi bicara dan pengobatan, bertujuan untuk membantu orang-orang dengan CRPS melanjutkan hidup mereka.

6. Serangan jantung

Jika Anda mengalami serangan jantung, biasanya Anda sakit di bagian tengah dada Anda – sering digambarkan sebagai sensasi berat, sesak atau meremas yang bisa sangat buruk sehingga menyebabkan Anda roboh.

Rasa sakitnya bisa terasa sangat buruk dan terkadang menyebar ke rahang, leher, punggung, lengan atau perut Anda.

Jika Anda mencurigai Anda atau orang lain mengalami serangan jantung, segera hubungi bantuan darurat.

7. Saraf terjepit

Nyeri punggung mempengaruhi delapan dari 10 orang di beberapa titik dalam hidup mereka dan salah satu penyebab paling umum dari nyeri punggung adalah disket tergelincir, seringkali akibat cedera memutar atau pengangkatan. Apa yang terjadi dalam kondisi medis ini adalah salah satu cakram di tulang belakang pecah dan gel di dalamnya bocor keluar.

Kebanyakan orang dengan pengalaman disc tergelincir tiba-tiba dan sakit punggung bawah yang parah, yang biasanya mereda dengan berbaring dan sering diperburuk jika Anda menggerakkan punggung, batuk atau bersin. Sebuah disk tergelincir sering dapat menyebabkan nyeri pada kaki dan juga, atau sebaliknya, sakit punggung.

Dalam kebanyakan kasus disket tergelincir, rasa sakit berkurang secara bertahap selama beberapa minggu. Obat penghilang rasa sakit bisa membantu.

8. Kanker

Kebanyakan orang dengan kanker stadium lanjut mengalami rasa sakit, entah dari tumor itu sendiri atau sebagai efek samping  pengobatan kanker seperti kemoterapi atau radiasi.

Meski rasa sakitnya bisa sangat parah, tidak selalu berarti kanker tumbuh. Tumor yang sangat kecil yang menekan saraf bisa menyiksa, sementara tumor besar di tempat lain bisa menyebabkan sedikit atau tanpa rasa sakit.

Rasa sakit kanker dapat bervariasi dalam sensasi, durasi dan intensitas tergantung pada jenis kanker yang Anda miliki dan tahap yang telah dicapai, namun hampir selalu mungkin untuk mendapatkan rasa sakit kanker yang terkendali dengan obat penghilang rasa sakit yang ditentukan.

9. Arthritis

Orang dengan arthritis mengalami nyeri sendi yang konstan dan sering menyiksa, biasanya di pinggul, lutut, pergelangan tangan atau jari.

Rasa sakit bisa datang tiba-tiba atau lama kelamaan dan sering dikaitkan dengan nyeri otot dan kekakuan pada persendian.

Menurut Arthritis Care, apapun jenis arthritis yang Anda miliki, olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga rasa sakit. Dokter atau fisioterapis Anda dapat membantu Anda memilih program latihan yang sesuai dengan Anda.

10. Migrain

Sakit kepala migrain jauh lebih menyakitkan daripada sakit kepala konvensional dan cenderung berlangsung lebih lama, dengan yang terburuk bertahan sampai tiga hari atau lebih.

Karena migrain dapat menyebabkan muntah dan kepekaan ekstrim terhadap cahaya dan suara serta rasa sakit yang hebat, semua yang banyak dengan migrain dapat dilakukan adalah menemukan tempat yang gelap dan sepi untuk berbaring sampai sakit kepala mereka berakhir.

Pengobatan dapat membantu mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan migrain. Jika pengobatan belum pernah bekerja untuk Anda di masa lalu, bicarakan dengan dokter Anda tentang mencoba obat sakit kepala migrain yang berbeda.

11. Linu panggul

Linu panggul adalah nama yang diberikan pada rasa sakit yang sakit di kaki. Hal ini disebabkan ketika saraf skiatik – saraf terpanjang di tubuh, yang membentang dari punggung sampai kaki Anda – telah terjepit atau teriritasi oleh kerusakan pada punggung. Hal ini sering disebabkan oleh disk tergelincir.

Linu panggul berbeda dengan nyeri punggung umum – rasa sakit linu panggul hampir tidak mempengaruhi punggung Anda sama sekali tapi malah memancar keluar dari punggung bawah, menuruni bokong dan masuk ke salah satu atau kedua kaki, sampai ke betis.

Kebanyakan orang menemukan linu panggul mereka hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari atau minggu. Kombinasi tindakan self-help seperti obat penghilang rasa sakit over-the-counter, olahraga dan kemasan panas atau dingin biasanya dapat mengurangi rasa sakit untuk sementara waktu.

12. Batu ginjal

Melewati batu ginjal menghasilkan rasa kram yang tiba-tiba, sangat tajam, di punggung bawah atau di sisi perut Anda, atau kadang-kadang di selangkangan Anda, yang mungkin berlangsung berjam-jam atau berjam-jam, dengan interval rasa sakit di antaranya.

Rasa sakit sering dimulai di tengah malam dan bisa sangat kejam sehingga orang-orang yang mengalaminya mungkin merasa perlu pergi ke A & E.

Sebenarnya, kebanyakan batu ginjal akan cukup kecil untuk dilewatkan dalam urin Anda di rumah – dan untungnya rasa sakit itu hilang begitu batu itu telah dilewati.

13. Apendisitis

Apendisitis adalah pembengkakan usus buntu yang menyakitkan, kantong mirip jari yang menempel pada dinding usus. Hal ini paling sering terjadi pada anak-anak, yang biasanya mengeluhkan rasa sakit di tengah perut mereka yang datang dan pergi. Rasa sakit kemudian bergeser ke sisi kanan bawah perut dan semakin parah.

Apendisitis adalah keadaan darurat medis yang biasanya memerlukan operasi mendesak untuk menghilangkan usus buntu sebelum meledak.

Sebagian besar anak sembuh karena apendiksnya diangkat dalam beberapa hari dan tidak mengalami dampak buruk dari operasi tersebut.

14. Neuralgia trigeminal

Rasa sakit karena neuralgia trigeminal sering digambarkan sebagai perasaan seperti sengatan listrik yang menerobos wajah. Orang lain telah menggambarkan sensasi intens pembakaran atau penusukan. Mereka sering menggambarkan area pemicu di wajah mereka yang sangat sensitif sehingga menyentuh atau bahkan arus udara bisa memicu sebuah episode.

Neuralgia trigeminal, juga dikenal sebagai penyakit Fothergill, ditandai dengan serangan rasa sakit satu sisi yang sangat parah yang datang dan berjalan tak terduga dalam serangan mendadak. 

Obat penghilang rasa sakit biasa tidak berpengaruh, namun obat antikonvulsan yang diresepkan (digunakan untuk epilepsi) dapat mengurangi rasa sakit.

15. Pankreatitis

Pankreatitis adalah radang pankreas, organ berukuran pisang yang merupakan bagian dari sistem pencernaan, dan gejala yang paling umum adalah sakit perut yang mengerikan.

Hal itu bisa terjadi sebagai kejadian satu kali (akut) atau pankreatitis yang bisa terus datang kembali (kronis). Pankreatitis akut, meskipun, lebih menyakitkan dan sering merupakan darurat medis yang memerlukan perawatan di rumah sakit, termasuk untuk mengendalikan rasa sakit.

Rasa sakit pankreatitis akut serupa, dan mudah pada awalnya untuk membingungkan, kondisi lain yang menyakitkan dan serius yang disebut kolesistitis , di mana kantong empedu menjadi meradang, biasanya karena batu empedu.

16. Asam urat

Asam urat adalah salah satu bentuk arthritis yang paling menyakitkan dimana pembengkakan dan nyeri hebat terjadi pada sendi, seringkali dasar jempol kaki, sampai pada titik di mana bahkan menyentuh atau menggerakkan kaki bisa menjadi penderitaan.

Banyak orang mengasosiasikan asam urat dengan Henry VIII dan kehidupan yang baik, tapi mitos bahwa asam urat disebabkan oleh pesta mabuk-mabukan dan memakan makanan kaya. Meskipun lebih mungkin pada orang yang makan banyak daging merah dan minum bir, ada yang bisa mendapatkan asam urat, bahkan vegetarian total.

Menurut Arthritis Care, dalam serangan gout sendi mulai terasa sakit kemudian membengkak dan menjadi merah, panas dan sangat menyakitkan. Sendi mungkin terlihat seperti mendidih di atasnya, atau kulit bisa menjadi mengkilap dan mengelupas.

Serangan bisa berlangsung antara satu dan 10 hari. Ada kerusakan permanen pada sendi jika Anda mendapatkan serangan berulang, jadi sebaiknya pertimbangkan obat untuk mencegah serangan lebih lanjut.

17. Endometriosis

Satu dari 10 wanita di Inggris mengalami kondisi ginekologis yang menyakitkan endometriosis, di mana sel-sel seperti lapisan rahim ditemukan di tempat lain di tubuh.

Sementara beberapa wanita dengan endometriosis tidak memiliki gejala sama sekali, orang lain memiliki banyak rasa sakit – nyeri pelvis, nyeri dan nyeri pada saat dan setelah berhubungan seks.

Meski tidak ada obat untuk endometriosis, ada perawatan yang bisa meringankan rasa sakit dan mengecilkan atau memperlambat pertumbuhan endometriosis.

18. Sakit perut

Ulkus adalah luka atau lubang yang terbentuk di lapisan perut. Untuk satu dari 10 dari kita yang akan menderita sakit maag pada suatu saat, hal itu menyebabkan rasa sakit yang menggerogoti atau membakar di perut, seringkali antara waktu makan dan pada dini hari.

Sakit maag biasanya lega dengan makan atau minum obat yang disebut antasida.

Penting untuk minum obat Anda karena ulkus yang tidak diobati dapat menjadi berlubang, yang merupakan kondisi medis yang sangat menyakitkan dimana ulkus terbakar melalui dinding perut yang membiarkan cairan pencernaan dan makanan bocor ke rongga perut. Ulkus berlubang adalah keadaan darurat medis dan biasanya perlu segera dioperasi.

19. Fibromyalgia

Penyebab pasti fibromyalgia tidak diketahui namun dapat menyebabkan nyeri dan nyeri meluas di sekujur tubuh, biasanya karena banyak daerah tender di bagian belakang leher, bahu, punggung bawah, pinggul, tulang kering, siku dan lutut. Orang dengan fibromyalgia sering mengatakan bahwa mereka sakit keras.

Seringkali rasa sakit dan kekakuannya lebih parah di pagi hari dan Anda mungkin memiliki lebih banyak rasa sakit pada kelompok otot yang Anda gunakan berulang-ulang.

Sementara fibromyalgia adalah kondisi seumur hidup, pengobatan termasuk obat penghilang rasa sakit dan olahraga, dapat mengurangi ketidaknyamanan.

20. Sakit setelah operasi

Sudah biasa mengalami rasa sakit setelah operasi, meski intensitas rasa sakit akan bervariasi sesuai jenis operasi.

Tapi terlalu banyak rasa sakit setelah operasi bukanlah hal yang baik dan Anda seharusnya tidak pernah merasa harus ‘sulit melakukannya’.

Ada banyak obat penghilang rasa sakit yang efektif yang ditawarkan untuk menjaga rasa sakit Anda setelah operasi terkendali, dan, selain membuat Anda lebih nyaman, para ahli mengatakan bahwa rasa sakit yang terkontrol dengan baik akan membantu Anda menjadi lebih cepat dan mencegah masalah jangka panjang.

Hivictorious

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *